Thursday, February 18, 2016

Tips Memutihkan Kulit dengan Bahan Alami

Ads336x280

Definisi cantik menurut sebagian besar orang Indonesia adalah kulit putih bersih tanpa noda, mulus bak porselen. Padahal sebagaian besar orang Indonesia berkulit sawo matang, berbeda dengan orang China, Korea ataupun  Jepang yang dilahirkan dengan kulit putih. Hal ini juga dipengaruhi iklim di negara kita, iklim tropis dengan sinar matahari hampir sepanjang tahun, membuat rata-rata kulit orang Indonesia kecoklatan.

Cara Memutihkan Kulit Wajah dan Tubuh Secara Alami
Berbeda dengan negeri 4 musim yang jarang memperoleh sinar matahari, kulit sebagian penduduknya berwarna pucat. Bahkan mereka berbondong-bondong ke Bali untuk mendapatkan sinar matahari dan membuat kulit mereka sedikit cokelat dengan berjemur. Bagi bule-bule kulit cokelat lebih seksi. Sedangkan orang Indonesia berbondong-bondong ingin memutihkan kuilit, rela membayar mahal melakukan berbagai cara untuk tampak putih. Definisi cantik adalah kulit putih mempesona bagi orang dilakukan untuk mendapatkan kulit putih, mendatangi klinik kecantikan untuk melakukan berbagai macam perawatan, bahkan ada yang menempuh cara instan dengan menggunakan produk pemutih kulit yang berbahaya demi mendapatkan kulit putih dalam waktu yang singkat. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah jangan karena ingin memutihkan kulit kita tidak memperhatikan dampak bagi kulit kita, jika menggunakan bahan-bahan berbahaya yang tidak diketahui asal usulnya. Berikut ini beberapa tips untuk mendapatkan kulit putih.

Berikut beberapa tips memutihkan kulit dengan bahan-bahan alami:


1. Beras
Beras dipercaya secara turun-menurun dapat digunakan sebagai bahan memutihkan kulit, kandungan vitamin E pada beras mampu mencegah kulit dari sengatan sinar matahari dan anti penuaan. Beberapa produk kecantikan yang ternama juga menggunakan beras sebagai kandungan produknya yang bertujuan untuk mencerahkan beras. Air rendaman beras ataupun sari beras dapat dimanfaatkan untuk membantu mencerahkan kulit. Tips memutihkan kulit dengan air beras adalah dengan mengusapkan air rendaman beras yang biasa kita lakukan saat akan menanak nasi, kita gunakan air rendaman beras secara teratur untuk mencuci muka. Selain memanfaatkan air beras, kita juga dapat menggunakan beras sebagai masker wajah. Rendam beras dengan air semalaman, kemudian tiriskan hingga benar-benar kering. Ambil sejumput beras dan haluskan hingga menjadi tepung. Ambil dua sendok makan tepung beras dicampur satu sendok teh madu (pilihlah madu alami bukan yang banyak campuran pemanis buatan), kemudian gunakan sebagai masker, tunggu hingga 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Perawatan rutin ini dapat dilakukan 2-3 kali dalam seminggu. Secara perlahan kulit Anda akan terlihat lebih cerah, sehat, dan berseri.

2. Bengkoang
Sejak zaman dahulu kala bengkoang dianggap sebagai bahan yang ampuh untuk mencerahkan kulit wajah. Kandungan vitamin B1 dan C bermanfaat untuk mengurangi noda-noda hitam yang mengganggu pada wajah. Bengkoang juga dikenal sebagai bahan alami untuk memutihkan kulit. Oleh karena itu banyak produk-produk kecantikan menggunakan bengkoang sebagai bahan utama pembuatan produknya. Kita juga dapat menggunakan bengkoang di rumah, kupas bengkoang yang telah disiapkan lalu cuci bersih, parut atau haluskan buah bengkoang, ambil sarinya saja dan tiriskan selama 30 menit, gunakan endapan tersebut sebagai masker wajah diamkan 20 menit, setelah itu cuci muka dengan air bersih. Setelah menggunakan masker bengkoang, wajah akan tampak lebih cerah. Masker bengkoang jika digunakan secara rutin bisa membantu menghilangkan noda hitam pada wajah akibat jerawat karena bengkoang mengandung pachyrhizon, rotenon, vitamin B1 dan vitamin C. Selain digunakan sebagai masker, bengkoang juga dapat digunakan sebagai scrub atau lulur alami untuk badan.

3. Lemon
Tips memutihkan kulit secara alami selanjutnya adalah menggunakan lemon. Buah lemon selain segar dan digunakan sebagai bahan makanan juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Sari dari buah lemon digunakan sebagai bahan produk pencerah kulit. Lemon mengandung vitamin A dan C yang membantu menjaga kesehatan kulit. Lemon mengurangi noda bekas jerawat sehingga kulit bisa tampak lebih bersih. Selain dapat di konsumsi untuk minuman, air lemon juga digunakan untuk memutihkan kulit wajah. Peras air lemon dan gunakan sarinya sebagai masker, oleskan secara merata pada wajah, terutama pada daerah yang mempunyai noda hitam. Diamkan selama 20 menit. Setelah itu usap dengan handuk basah yang lembut untuk membersihkan sisa-sisa kotoran pada wajah. Selain untuk kecantikan lemon juga merupakan buah penurun kolesterol  dan bagus untuk ibu hamil.

4. Mentimun
Mentimun dikenal sebagai bahan untuk membersihkan dan memutihkan kulit sehingga kulit menjadi lebih cerah. Mentimun juga mencegah timbulnya jerawat. Bagi yang memiliki julukan mata panda pasti juga mencintai mentimun ini. Buah mentimun diiris bulat  dan didiamkan pada daerah sekitar mata yang menghitam selama 20 menit, maka hasilnya daerah sekitar mata akan tmapak lebih putih dan cerah. Tidka perlu khawatir tampak seperti hantu dan panda akibat lingkaran mata yang menghitam. Untuk wajah dan leher buah mentimun dapat digosokkan untuk mengangkat kotoran-kotoran yang menyumbat, sehingga wajah lebih putih dan bersih.

5. Susu
Seperti kita ketahui di salon-salon kecantikan terkemuka marak sekali mandi susu untuk mencerahkan dan memutihkan kulit. Setiap wanita tentu ingin mempunyai kulit putih yang cantik. Tetapi tidak semuanya mampu membayar mahal untuk melakukan perawatan mewah di salon-salon kecantikan. Untuk itu kita juga dapat melakukan perawatn sendiri di rumah menggunakan susu. Berikut tips memutihkan kulit dengan susu, campur susu bubuk dengan oat yang telah dihancurkan dan beri sedikit air lalu aduk hingga teksturnya lembut seperti bubur. Lalu oleskan ke seluruh tubuh sambil dipijat-pijat agar lebih meresap ke tubuh, diamkan selama 30 menit. Untuk hasil yang maksimal gunakan 2 minggu sekali. Setelah itu gosok dengan handuk yang telah dicelup ke air hangat. Susu dan oat ini berfungsi sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati yang membuat kulit tampak kusam. Dengan scrub ini sel kulit mati terkelupas dan membuat kulit lebih putih.

6. Putih Telur
Putih telur dikenal sebagai bahan yang dapat memutihkan kulit. Caranya adalah kocok putih telur tambahkan yoghurt dan beberapa tetes madu. Kocok hingga berbusa baru tambahkan yoghurt dan madu. Campurkan hingga semua bahan merata dan dapat digunakan sebagai olesan di wajah, diamkan selama 15 menit.

Bagi masyarakat Indonesia yang hidup di daerah tropis dan disinari matahari sepanjang tahun, menginginkan kulit putih tentu bukan hal yang mudah. Untuk mendapatkan kulit yang cerah dan putih diperlukan perawatan. Hindarilah terkena sinar matahari secara langsung dan rawatlah kulit anda dengan bahan-bahan alami jika ingin mendapatkan kulit sehat dan cerah, tetapi uang terbatas untuk ke klinik kecantikan. Semoga s di atas dapat membantu anda mendapatkan kulit yang adna inginkan.