Friday, February 12, 2016

Memilih Pelembab Remaja yang Bagus untuk Kulit Berminyak

Ads336x280

Remaja perempuan banyak menghadapi masalah kulit pada awal usia remaja seperti jerawat, kulit berminyak, kulit kering dan muncul bintik hitam. Kulit remaja berminyak umumnya karena ketidak seimbangan hormonal. Minyak di wajah itu nantinya akan menimbulkan jerawat dan dapat menimbulkan noda merah atau hitam pada wajah sehingga kamu harus memilih pelembab yang bagus untuk remaja yang tepat sesuai usia.

Perawatan Kulit Remaja dan Kosmetik yang Tepat
Meski pelembab wajah dianjurkan untuk kulit kering, tidak berarti wajah yang berminyak tidak membutuhkannya. Kulit berminyak butuh pelembab yang tidak menambah grease tapi menambah kelembaban. Untuk itu, pemilik wajah berminyak sebaiknya menghindari pelembab yang berbentuk salep karena terlalu banyak mengandung minyak contohnya lotion, gel atau krim.

Kenapa Kulit Berminyak Juga Butuh pelembab?
Ketika kulit tidak diberi pelembab, lapisan dermis akan terus memproduksi sebum sehingga justru membuat kulit berminyak makin berminyak. Akibatnya minyak akan menyumbat pori dan menimbulkan jerawat. Selain itu tanpa pelembab kulit juga akan tampak kusam dan kehilangan kekenyalannya.

Pelembab pada dasarnya terdiri dari tiga jenis, yaitu yang masuk ke sel kulit, yang menutupi supaya air tidak menguap dan yang menarik air dari lingkungan agar muka lembab lebih lama (humektan). Kalau untuk di negara tropis cocoknya yang jenis humektan.

Pelembab Remaja  Apa yang cocok untuk Kulit Berminyak
Beberapa produk pelembab wajah untuk remaja ada yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak sehingga kamu tidak perlu khawatir wajah akan semakin mengkilap ketika menggunakannya. Satu hal yang penting, hindari pelembab atau produk perawatan kulit yang mengandung alkohol. Pemakaian produk ini justru akan memicu minyak alami pada kulit untuk terus berproduksi lebih banyak lagi, dan tentunya akan membuat wajah kamu terlihat semakin berminyak. Untuk kamu para remaja disarankan untuk memilih pelembab untuk kulit berminyak dengan jenis seperti ini:
  1. Pelembab Wajah Oil-free
Pelembab untuk kulit berminyak sebaiknya dipilih yang oil-free alias tidak mengandung minyak sama sekali. Pelembab wajah jenis ini sangat cocok karena hanya bersifat menjaga kelembaban kulit wajah tanpa menyebabkan wajah menjadi berkilau oleh minyak. Pelembab wajah yang berlabel oil-free biasanya mengandung ekstrak lidah buaya, ekstrak teh hijau, atau ekstrak bunga chamomile yang ampuh mencegah munculnya minyak berlebih namun tetap melembabkan kulit wajah.
  1. Pelembab wajah Berbahan Dasar Air (Water-based)
Pelembab untuk remaja water-based sangat cocok untuk diaplikasikan di kulit berminyak Anda. Karena berbahan dasar air, pelembab ini mudah meresap dan meningkatkan penutrisian sel-sel kulit sekaligus menghambat produksi minyak oleh jaringan dibawah kulit. Selain itu, Anda juga dapat mengaplikasikannya bahkan di kulit yang teriritasi sekalipun karena water-based moisturizer bersifat dingin tanpa menimbulkan rasa terbakar. Ada satu hal penting yang wajib Anda perhatikan ketika membeli produk water-based moisturizer yakni Anda harus mengecek labelnya terlebih dahulu. Pilihlah yang berlabel noncomedogenic alias tidak menutup pori-pori wajah. Sehingga lebih aman untuk digunakan.
  1. Tea Tree Moisturizer
Pelembab untuk kulit berminyak dari tea tree wajib kamu coba. Tea tree moisturizer akan bekerja sangat baik dalam melembabkan wajah kamu yang berminyak. Disamping itu, tea tree moisturizer juga mampu mengecilkan pori, menghilangkan jerawat, dan menyamarkan bekas jerawat di wajahmu. Tea tree moisturizer juga dapat diaplikasikan sebagai pelembab yang bagus pasca pengobatan jerawat karena bahannya yang dingin dan mudah meresa di kulit.
Bagaimana menggunakan Pelembab wajah yang Benar?
Kamu sudah mendapatkan pelembab wajah yang tepat untuk mengatasi kulit berminyak, maka inilah saatnya untuk menggunakan pelembab wajah tersebut. Dalam menggunakan pelembab wajah, Anda harus memerhatikan beberapa hal, tidak bisa asal memakai pelembab begitu saja. Sebelum memakai pelembab, bersihkan wajah terlebih dahulu dengan toner dan tunggu hingga kering. Setelah wajah kering dan merasa nyaman, oleskan pelembab wajah dengan merata, jangan lupa bagian leher juga

Membuat Sendiri Pelembab untuk Kulit Berminyak
Untuk perawatan wajah berminyak dan berjerawat tentu tidak bisa sembarangan. Perlu adanya beberapa cara khusus untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat. Terutama untuk memilih jika lebih memilih bahan-bahan alami. Berikut ini ada beberapa bahan-bahan alami yang digunakan sebagai pelembab wajah untuk remaja :

Lidah Buaya
Lidah buaya atau Aloe Vera, tanaman ini mempunyai aneka khasiat bagi kesehatan kulit kita, yaitu mendinginkan wajah sehingga sering digunakan untuk pelembab untuk kulit berminyak, sebagai pelembab alami, menghilangkan bekas jerawat, dan mempercepat penyembuhan kulit yang terluka atau berjerawat. Gel lidah buaya yang digunakan sebagai masker secara teratur akan membuat kulit Anda tetap lembab dan sehat. Lidah buaya juga sering digunakan untuk perawatan dan menyuburkan rambut. silahkan baca Cara Menyuburkan Rambut dengan Aloe Vera.
Minyak Zaitun
Minyak zaitun; minyak ini telah dikenal sejak berabad lampau sebagai rahasia kecantikan kaum wanita bangsawan yang membuat kulit wajah dan tubuh mereka halus mulus bak kain sutra. Anda dapat meniru resep warisan leluhur ini untuk merawat kulit Anda karena minyak zaitun berkhasiat melembutkan wajah, menghambat proses penuaan, dan merangsang regenerasi sel kulit. Minyak zaitun ini dapat dicampur dengan gel lidah buaya yang dgunakan untuk pelembab.
Buah Bengkoang
Buah bengkoang; buah yang satu ini adalah resep khas wanita Indonesia dalam merawat kecantikan kulitnya. Buah bengkoang berkhasiat sebagai pelembab yang bagus untuk wajah dan untuk kulit berminyak, kering, dan normal. Selain itu buah campuran rujak manis ini juga mengandung vitamin C untuk mengatasi radikal bebas penyebab kerusakan kulit, plus mencerahkan wajah yang gelap akibat paparan sinar UV pada matahari. Kamu bisa membuat masker buah bengkoang dengan cara dihaluskan yang berfungsi sebagai pelembab.